Friday, June 29, 2007

aPTT dan PTT bagi penderita Hemofilia


Berikut penjelasan aPTT dan PTT yang disampaikan dr. Nova Hippi dengan bahasa yang lugas melalui milis hemofilia semoga bermanfaat. aPTT: activated partial thromboplastin time sedangkan PTT: Partial thromboplatin time

Secara garis besar, aPTT itu sama dengan PTT, tapi bahan yang dipakai untuk pemeriksaan beda. Yang satu teraktivasi, yang satu lagi tidak (jadi perlu diaktivasi dulu, dan pemeriksaan jadi lebih rumit dan lebih lama). Ada lagi PT / prothrombin time

Seperti yang dikatakan, dua hal ini dipakai untuk pemeriksaan koagulasi/pembekuan darah. tapi biasanya hanya untuk screening. penentuannya harus lebih detail, misal pemeriksaan faktor VIII atau faktor IX secara langsung.


Mungkin dah pada tau kalau sistem pembekuan darah terdiri dari dua jalur. Yang pertama jalur intrinsik dan yang kedua jalur ekstrinsik. Agak ribet ngejelasinnya, tapi yang pasti faktor VIII dan faktor IX itu bekerja pada jalur intrinsik aja.

aPTT itu buat ngeliat jalur intrinsik secara garis besar. PT buat ngeliat jalur ekstrinsik. Jadi pada hemofilia, yang kekurangan faktor yang bekerja pada jalur intrinsik, aPTTnya memanjang dan PTnya normal (kan jalur ekstrinsiknya gak kekurangan faktor apa pun).

Untuk faktor VIII, aPTT memanjang bila kadar FVIII kurang dari 30%. alias kalau FVIIInya 31%, aPTTnya sudah normal. Ini membuat aPTT bisa dipake buat skrining.

Untuk terapi, kalau target terapi FVIIInya adalah 30% (diksh FVIII sampe kadar 30% aja, ga perlu sampe 100%, misal untuk terapi perdarahan ringan), secara TEORI aPTT bisa dipake buat pemantauan terapi. Tapi kalau target terapi lebih dari 30%, misal untuk operasi yang perlu kadar sampe 100%, aPTT ga bisa dipake buat pemantauan terapi. (milis_hemofilia@yahoogroups.com)

Bingung kan?

^_^'
dr. Nova

No comments: