Tuesday, May 1, 2007

Hemophilia Day in Samarinda, Kalimantan Timur



Setiap tanggal 17 April masyarakat hemofilia dunia memperingatinya sebagai hari hemofilia (Hemophlia Day). Di Samarinda peringatan itu dilaksanakan pada tanggal 22 April 2007 di rumah makan Dewi Sri. Peringatan kali ini merupakan peringatan pertama kali yang diselenggarakan oleh Himpunan Masyarakat Hemofilia Indonesia (HMHI) Cabang Samarinda, Kaltim. Menurut Ir. Sigit Sigalayan, MP selaku Ketua Yayasan HMHI Samarinda Kaltim, sebenarnya peringatan ini merupakan agenda Nasional yang setiap tahun dilaksanakan baik di daerah maupun di pusat. Tercatat untuk Indonesia hampir 1.350 orang penderita hemofilia dan untuk Kaltim sendiri baru tercatat sebanyak 7 orang, rasio penderita hemofilia secara geografis adalah 1 : 10.000 dengan demikian jika penduduk Kaltim saat ini lebih kurang 2 juta jiwa maka dapat diasumsikan ada 200 orang yang berpotensi sebagai penderita hemofilia. Melalui peringatan yang sangat sederhana kami mencoba untuk saling berbagi pengalaman, meskipun kali ini hanya dihadiri oleh 3 (tiga) keluarga tetapi tidak mengurangi makna pertemuan yang sesungguhnya.


Hingga saat ini masyarakat kita belum banyak yang mengetahui apa itu Hemofilia. Hemofilia adalah kelainan pembekuan darah akibat defisiensi (kekurangan) salah satu protein yang sangat diperlukan dalam proses pembekuan darah. Protein ini disebut dengan faktor pembekuan darah.

Ada 2 jenis hemofilia, yaitu hemofilia A dan Hemofilia B, disamping Von Willebrand. Penderita hemofilia A tidak mempunyai (kurang kadar faktornya) faktor pembekuan darah yang disebut faktor VIII, penderita hemofilia B tidak mempunyai (kurang kadar faktornya) faktor IX. Kelainan ini tidak menular, 70% kelaianan ini terjadi karena adanya kelainan genetis yang diturunkan dan 30% terjadi karena kerusakan/perubahan/mutasi pada gen yang mengatur produksi faktor pembekuan darah.

Sekretariat HMHI Samarinda, Kaltim :
Jln. Wahid Hasyim, Perumahan Pinang Mas Blok D No. 14 Samarinda Kaltim 75119.
Telp. 0541 - 250.704 ; HP. 0852.506.79002
Contact Person : Ir. Sigit Sigalayan, MP

No comments: