Wednesday, August 20, 2008

Smart Parenting 20082008


Smart Parenting saat ini menjadi topik dan bahasan sangat menarik dalam berbagai seminar dan diskusi. Begitu banyak orangtua dari berbagai kalangan hadir mengikuti seminarnya. Untuk bisa hadir dalam seminar tidak jarang mereka rela mengeluarkan ratusan bahkan jutaan rupiah untuk bisa mendapatkan ilmu dan tips menjadi orangtua cerdas.

Sebagian orangtua merasa perlu ikut seminar karena sudah kebingungan mengatasi anak-anaknya yang sulit sekali disuruh belajar, hampir setiap hari mesti ribut dulu agar mereka mau belajar. Dan masih banyak kasus-kasus lain yang tentunya berbeda satu dengan yang lain.

Belajar dari orangtua Saya, sebenarnya ada 4 tips sederhana yang bisa dicoba untuk menjadi orang tua cerdas sejak dini. Mengapa sejak dini ? Karena kalau kita kerjakan sejak dini maka selanjutnya bagai air mengalir, kecerdasan itu akan mengalir dengan sendirinya baik pada diri anak maupun orangtua. Baiklah Saya akan sampaikan 4 tips tersebut :

Pertama :
Tetapkan jam belajar anak sejak masih berada didalam kandungan, sepakatlah suami/istri untuk menentukan jadwal belajar kelak bagi putra anda, misalnya pukul 19.00 - 20.00 setiap hari. Lakukan saja hingga putra anda berumur 5 tahun, sesuaikan materi belajarnya dengan berbagai variasi pembelajaran seperti menulis, mewarna, mencoret-coret, mendengarkan anda bercerita/membaca buku cerita, pokoknya apa saja dan rasakan hasilnya.

Kedua :
Setelah putra anda lahir tetaplah dengan komitmen pertama diatas dan lakukan dengan tidak menyalakan TV (televisi) pada saat belajar pukul 19.00 - 20.00 tersebut.

Ketiga :
Saat putra anda memasuki usia sekolah (katakanlah play group) pastikan anda membawa sendiri bekal makanan dan minuman dari rumah sekalipun cuman pisang gorang atau singkong. Pastikan anda tidak memulai untuk membeli makanan pada para paman didepan sekolah. Ingat berbagai bahan pengawet mulai borax akan menyertai putra anda begitu anda berani mencoba walau sekali. Saya sangat prihatin akan hal ini, bayangkan jika mereka mulai play group sudah kenal dengan borax dan sebangsanya dan pasti pengen beli setiap hari dan memang sangat gurih rasanya maka sudah dapat dipastikan Play group 1 tahun + TK 2 tahun + SD 6 tahun + SMP 3 tahun + SMA 3 tahun = 15 tahun (setiap hari mengkonsumsi bahan pengawet).

Keempat :
Disiplin beribadah sejak dini

Demikian semoga bermanfaat, Amien
Samarinda, 20-08-2008 (20082008)
Sigit Sigalayan

No comments: