Friday, June 5, 2009

Terapi Koate Harus Tepat

Selasa sore Satria mengalami hematome (bengkak) di telapak tangan kanan ternyata dia main-main bola basket pagi harinya di rumah Ardin temannya. Sore itu terlihat sedikit bengkak dan telapak tangannya terasa pegel-pegel.

Karena semakin terasa ngak enak karena bengkak maka sore itu pukul 16.30 Wita masuk koate 2 vial @ 290iu. Kemudian nyeri berangsur hilang. Rabu aktifitas berjalan biasa, telapak tangan yang semula bengkak berangsur kempes tetapi kamis pagi mulai sebah lagi dan mulai nyeri tetapi Satria tetap sekolah sampai siang dan rasa nyeri bertambah kuat hingga sore hari, pukul 16.30 Wita diputuskan untuk masuk 2 vial lagi @ 290iu. Namun rasa nyeri semakin kuat hingga tengah malam. Pukul 23.00 Wita Saya mencoba konsultasi dengan Yusnidar di Jakarta untuk mencari solusi menghilangkan rasa nyeri yang teramat sangat dan bengkak yang mulai membesar juga jari-jari yang sudah sebah dan tidak berasa mungkin karena aliran darah sudah tidak lancar karena hematome.

Disarankan untuk memasukan koate 20iu/kg X Berat Badan (70 kg) = 1.400iu. Akhirnya kami putuskan masuk koate 4 vial X 290iu = 1.160iu pada pukul 00.30 Wita (8 jam terhitung pukul 16.30 wita). Dan Alhamdullilah 2 jam kemudian rasa nyeri berangsur hilang dan bengkak mulai berkurang hingga malam ini Jum'at pukul 23.30 Wita tidak ada keluhan rasa nyeri. Satria sudah merasa nyaman. InsyaAllah hingga kembali normal.

Hikmah dari peristiwa di atas adalah :

(1). Segera lakukan replacement terapi koate/kryoprecipitate saat merasa tidak nyaman sejak terjadinya trauma (kurang dari 2 jam sejak terjadinya trauma). Jangan biarkan berlarut karena pendarahan akan semakin melebar yang pasti akan menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat tak tertahankan karena terjadinya hematome yang sangat kuat.

(2). Pengalaman Satria, penanganan trauma ringan yang ditangani segera dan tepat waktu cukup memerlukan koate 30% dari total kebutuhan minimal yang dianjurkan sebesar 20iu/kg X Berat Badan X 30%.

(3). Jangan tunda pemberian koate/Cryoprecipitate saat terjadi trauma. Untuk itu disarankan kepada para penderita Hemofilia untuk memiliki stock Koate di rumah minimal 2 vial.

Semoga Bermanfaat,
TETAP SEMANGAT UNTUK MELAKUKAN YANG TERBAIK

No comments: