Tuesday, October 16, 2018

Rahasia Pria 71 Tahun Sembuh dari Kanker Paru


Tanuhendrata (71) tidak mendapati dirinya mengalami batuh berdarah atau rasa sakit di dada yang luar biasa. Ia hanya merasakan nyeri di tulang belakang seperti salah urat. Ketika tidur, dia selalu memperbaiki posisi tubuhnya karena selalu tidak nyaman. 

Meski begitu, di tahun 2006, ketika dokter mendiagnosis bahwa ada kanker di paru-parunya, tak ada rasa kaget dan frustasi dari dalam dirinya. Hendra, begitu pria ini kerap disapa, sadar betul, apa yang dialaminya merupakan efek dari kebiasan lamanya, merokok.

"Saya menyadari kalau saya adalah seorang perokok berat. Kalau kena kanker, ya ini konsekuensinya. Saya bisa terima, namun istri saja tidak," tutur Hendra kepada Liputan6.com dan ditulis, Senin (22/4/2013).  Baca selengkapnya disini.

Berikut beberapa catatan dari artikel di atas:
  1. Hendra mengonsumsi vitamin C, minum mineral, dan membuat jus sayur.
  2. Demi sembuh, Hendra rela meninggalkan nasi putih, makanan bergula, makanan berterigu, dan menggantikannya dengan yang sehat-sehat. "Gula, susu, daging merah, daging ayam putih yang diternak secara modern, itu juga tak boleh," jelas Hendra.
  3. sayuran yang bersifat akali yang pada akhirnya membuat kanker tersebut tidak nyaman berada di dalam tubuh Hendra. Lily rutin merebus bayam merah, yang airnya diminum oleh Hendra. Dan ia rutin memberikan apel hijau, jeruk nipis dan jeruk bali.
  4. Apel hijau itu sifatnya alkali. Kalau merah sifatnya asam. Begitu juga dengan jeruk nipis dan jeruk bali, itu sifatnya alkali. Jeruk lain hanya asam.

No comments: